Butuh Mood Booster? Makanan ini Ampuh Naikin Mood Lho!

22 Apr 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Tahukah kamu bahwa makanan dapat memengaruhi kesehatan otak, emosi, dan mood? Ya, otakmu membutuhkan nutrisi khusus untuk memproduksi dan menyeimbangkan senyawa kimia di otak yang berperan mengatur sekaligus meningkatkan mood, konsentrasi, dan perasaan senang. Apa saja pilihan makanan yang dapat menutrisi otak dan meningkatkan mood? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Makanan Kaya Probiotik dan Prebiotik

Konsumsi makanan dengan kandungan probiotik dan prebiotik untuk membantu meningkatkan bakteri baik di sistem pencernaanmu. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan probiotik: sup miso, kimchi, tempe, acar, keju Gouda, dan yogurt. Sementara makanan yang kaya prebiotik di antaranya bawang putih, bawang bombay, pisang, dan rumput laut.

2. Salmon dan Ikan Berlemak Lainnya

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk peningkatan kesehatan otak dan mood. Menurut penelitian, diet kaya asam lemak omega 3 ini dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Beberapa ikan yang kaya akan omega 3 meliputi: salmon, tuna, sarden, dan herring.

3. Kacang-kacangan

Edamame dan kacang-kacangan dipercaya dapat meningkatkan mood karena tinggi akan kandungan serat yang dapat menjaga sistem pencernaan dan kesehatan otak. Kacang-kacangan juga mendukung produksi senyawa kimia di otak yang berhubungan langsung dengan mood, seperti dopamin dan serotonin. Beberapa yang dapat kamu coba selain edamame: buncis, kacang merah, kacang tanah, dan kacang hitam.

Beberapa menu di atas mungkin familier buat kamu pecinta makanan Jepang atau Korea. Tapi apakah kamu sudah mencoba semuanya? Yuk tingkatin mood kamu sekarang dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: