Ramsay Hunt Mengincar, Justin Bieber Lumpuh!

22 Jun 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Sebelumnya, Hailey Bieber mengalami penggumpalan darah di otak. Jumat pekan lalu, Justin Bieber mengumumkan jika separuh wajahnya mengalami kelumpuhan akibat sindrom Ramsay Hunt. Sindrom ini mengincar saraf di telinga dan wajah. Pelantun lagu “Ghost” tersebut menunjukkan bahwa ia tidak bisa mengedipkan mata kanannya, menggerakkan lubang hidung kanannya, hingga tersenyum menggunakan sisi bagian kanan mulutnya.

Hal ini menyebabkan Bieber harus menunda beberapa konser yang akan dijalani. “Bagi kamu yang kecewa dengan pembatalan konser berikutnya, saya secara fisik tidak dapat melakukannya,” ungkap Bieber.

Menurut Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Amerikat Serikat, sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Sindrom ini lebih banyak dijumpai pada pasien berusia dewasa, baik yang berjenis laki-laki maupun perempuan. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang ditemukan, sindrom ini juga bisa dialami oleh anak-anak. Jika mendapatkan pengobatan sesegera mungkin, risiko komplikasi dapat dicegah, yang mencakup kelemahan otot wajah permanen hingga tuli.

Gejala utama sindrom Ramsay Hunt yang menyerang Justin Bieber

Ruam merah yang memberikan sensasi sakit luar biasa dengan lepuhan berisi cairan di dalam dan sekitar telinga, kelemahan wajah, atau kelumpuhan wajah. Biasanya hal ini terjadi secara bersamaan.

Jika seseorang memiliki sindrom Ramsay Hunt, mereka mungkin juga mengalami:

1. Sakit telinga

2. Gangguan pendengaran

3. Telinga berdenging

4. Kesulitan menutup satu mata

5. Vertigo

6. Perubahan persepsi rasa atau hilang rasa

7. Mulut dan mata kering

Faktor risiko Ramsay Hunt

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena Ramsay Hunt:

1. Berusia di atas 60 tahun

2. Pernah menderita cacar air atau cacar api

3. Memiliki daya tahan tubuh yang lemah, misalnya kerena menderita kanker, diabetes, penyakit autoimun, atau HIV/AIDS

4. Belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar

5. Bayi yang baru lahir

6. Ibu hamil

Yuk mulai hidup sehat dengan menjaga gaya hidup dan melakukan Medical Checkup di Bumame secara rutin agar kamu bisa mendapatkan rekam kesehatan dari masa ke masa untuk tahu langkah apa yang kamu perlukan ke depannya. Klik link ini untuk melakukan konsultasi.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: