Masih Muda Hailey Bieber Sudah Alami Penggumpalan Darah, Kok Bisa?

12 Apr 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Beberapa waktu lalu, Hailey Bieber mengunggah cerita tentang dirinya yang mengalami penggumpalan darah di otak melalui Instagram Stories. Kejadiannya terjadi secara tiba-tiba saat ia sedang sarapan bersama Justin Bieber. Ia mengalami gejala seperti stroke dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Dokter menyimpulkan bahwa Hailey mengalami penggumpalan darah yang sangat kecil di otak yang mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen. Namun selang beberapa jam, Hailey menjelaskan tubuhnya telah pulih sepenuhnya setelah mendapatkan perawatan medis.

Penggumpalan Darah Pertanda Hidup Tak Sehat di Kalangan Anak Muda

Menurut dr. Shazam Hussain, Direktur Pusat Cerebrovascular di Klinik Celeveland, Ohio, Amerika Serikat, gumpalan darah seperti yang dialami Hailey dapat terjadi karena berbagai faktor. Menurutnya, sangat penting bagi kita untuk mengetahui setiap faktor risiko yang berpotensi menjadi penyakit stroke. Misalnya kolesterol dan tekanan darah tinggi yang mungkin menyerang di usia dewasa muda.

Ketika ada kasus anak muda yang mengalami penggumpalan darah seperti Hailey, dr. Shazam dan timnya melakukan riset untuk mencari tahu penyebabnya. Menurutnya, ada beberapa kemungkinan, seperti misalnya keturunan di keluarga ataupun pola hidup yang memang tak sehat.

Gumpalan darah biasanya berpindah ke otak setelah berkembang di bagian tubuh yang lain, seperti leher atau jantung. Begitu berada di otak, kekurangan oksigen menyebabkan sebagian otak tidak berfungsi dan menyebabkan gejala seperti stroke.

Dalam kasus Hailey, gumpalan yang terjadi terbilang sangat kecil sehingga tubuhnya dapat melakukan pemulihan dengan sendirinya. Namun, pada kasus penggumpalan yang lebih besar, dokter perlu melakukan serangkaian pengobatan tertentu.

Kesadaran Anak Muda Akan Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Lebih lanjut dr. Shazam menjelaskan bahwa kejadian seperti ini umum pada orang tua, namun ia dan rekan-rekannya melihat bahwa semakin sering terjadi di kalangan anak muda dengan kehidupan modern yang lebih cepat dan serba mudah di mana orang cenderung menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti makan sesuka hati dan tidak rutin berolahraga.

Saat ini kamu bisa melakukan Medical Checkup di Bumame untuk cek kondisi kesehatan terkini dengan layanan Home Care sehingga kamu tak perlu keluar rumah ataupun lewat layanan Walk-in di 21 cabang Bumame. Nikmati juga layanan gratis konsultasi bersama dokter Bumame mulai dari menentukan paket Medical Checkup, pembacaan hasil, hingga saran dan masukan yang baik untuk ke depannya!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: