Mau Mudik Lebaran Via Jalur Darat? Siapin Ini Dulu Yuk!

26 Apr 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Tahun ini budaya mudik sudah kembali optimal. Semua orang diperbolehkan mudik ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga besar. Tentu saja hal ini disambut baik oleh masyarakat luas. Pemerintah memprediksi akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor pada arus mudik Idul Fitri tahun ini.

Nah sebelum kamu berangkat, yuk simak apa saja yang perlu kamu siapin!

1. Fisik yang Sehat

Sebelum menyiapkan yang lain, kamu wajib mengutamakan kesehatanmu terlebih dahulu. Jaga kondisi tubuh sebelum berangkat mudik. Tidur dengan waktu yang cukup, pilih menu makanan yang bergizi, dan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kendaraan yang Prima

Jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraanmu tetap dalam keadaan prima. Periksa kondisi kendaraan minimal satu minggu sebelum waktu keberangkatan. Adapun komponen yang wajib kamu perhatikan termasuk aki, radiator, oli, rem, ban, filter, busi, rantai, hingga lampu-lampu kendaraan. Siapkan juga kotak P3K untuk berjaga-jaga selama perjalanan.

3. Rute Perjalanan

Kamu dapat memaksimalkan penggunaan GPS untuk membantumu memilih rute perjalanan. Hal ini penting karena kamu dapat mengetahui lokasi rawan macet, posko kesehatan, pom bensin, hingga tempat peristirahatan terbaik yang terdapat di jalur mudikmu.

4. Perbekalan Buka Puasa dan Sahur

Karena saat mudik kamu masih menjalankan ibadah puasa, ada baiknya kamu membawa perbekalan untuk buka puasa dan sahur. Selain makan-makanan bergizi, kamu wajib membawa air putih yang cukup untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi selama perjalanan.

5. Obat dan Vitamin

Kamu juga perlu menyiapkan obat-obatan dan vitamin. Kamu bisa mengonsumsi obat-obatan saat kondisi tubuh mulai lelah, sehingga perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Pastikan obat-obatan dan vitamin kamu letakkan di tempat yang mudah dijangkau di dalam mobil atau motor. Kamu bisa dapatkan obat-obatan dan vitamin yang kamu perlukan untuk mudik dan dapatkan gratis ongkir untuk wilayah Jadetabek.

Jangan lupa ya, lakukan persiapan yang matang sebelum kamu berangkat mudik. Selalu berhati-hati di jalan dan taati prokes agar kamu sampai tujuan dengan aman dan nyaman!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: