Suka Banget Makan Pedas? Waspada Akibatnya untuk Kesehatan!

01 Sep 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Akibat Makan Pedas

Makanan pedas seperti ayam geprek, ayam bakar, seblak, dan keripik selalu bikin ketagihan dan menggugah selera, setuju gak sih? Tapi, kamu tau gak akibat yang bisa ditimbulkan dari keseringan makan makanan pedas?

Diare

Diare menjadi salah satu akibat yang dapat kamu alami jika suka pedas. Kandungan zat bioaktif pada cabai yang menimbulkan rasa panas dan terbakar dapat melukai lapisan perut yang bisa menyebabkan diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan karena makan pedas biasanya berkaitan dengan asam lambung yang naik ke tenggorokan. Jika kamu menderita refluks asam, makanan pedas dapat membuat keadaan lebih parah dengan gejala seperti muntah, suara serak, hingga bengkak.

Baca Juga: Komplikasi Asam Lambung yang Perlu Kamu Ketahui!

Sulit Tidur

Jika kamu suka makanan pedas, disarankan kamu mengonsumsinya pada siang hari. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan pedas menjelang tidur malam sangat tidak disarankan karena membuat rasa tidak nyaman. Hal tersebut menyebabkan kamu sulit tertidur karena rasa mulas, GERD, atau bahkan ingin buang air besar.

Radang Usus

Makanan pedas dapat menjadi pemicu terjadinya radang usus. Adapun gejala radang usus yang terjadi, seperti nyeri hebat perut, area tulang dada dan pusar, disertai rasa mual yang tidak tertahankan.

Asam Lambung

Jika kamu punya riwayat perut sensitif, makan pedas dapat mengiritasi dinding lambung. Pada penderita maag kronis, dinding lambung akan mengalami peradangan. Hal ini dapat memicu rasa nyeri ulu hati yang hebat dan tidak nyaman, sehingga akan menggangu aktivitas harianmu.

Nah mulai sekarang, kamu harus pintar-pintar mengatur pola makanmu ya. Kalau kamu suka makan pedas, sebaiknya batasi dan jangan terlalu sering. Share informasi ini ke teman-teman kalian yang suka makan pedas yaa!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: