Hasil Tes NIPT: Bantu Ibu dan Ayah Ketahui Risiko Kelainan Genetik pada Janin 

19 Jan 2024 NIPT Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Kenapa harus tes NIPT? 

Tes NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) adalah tes skrining prenatal yang digunakan untuk mendeteksi risiko kelainan genetik bawaan pada janin. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah ibu hamil dan menganalisis DNA janin yang terdapat di dalam darah tersebut. 

Tes NIPT dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil karena beberapa alasan berikut: 

  • Deteksi dini kelainan kromosom: Tes NIPT dapat mendeteksi kelainan kromosom pada janin seperti Down syndrome, Patau syndrome, dan Edwards syndrome dengan tingkat akurasi yang tinggi, mencapai 99%. Deteksi dini kelainan ini penting dilakukan untuk mempersiapkan langkah penanganan selanjutnya. 
  • Minim risiko: Tidak seperti prosedur invasif seperti amniosentesis yang berisiko keguguran, tes NIPT dilakukan dengan mengambil sampel darah ibu hamil saja. Prosedur ini aman dan nyaman untuk ibu dan janin. 
  • Menghilangkan kecemasan: Dengan mengetahui kondisi kesehatan janin sejak dini, ibu hamil dapat mengurangi rasa cemas dan khawatir selama kehamilan dan fokus pada persiapan persalinan. 
  • Mempersiapkan persalinan: Hasil tes NIPT dapat membantu dokter dan ibu hamil mempersiapkan persalinan dan perawatan pasca kelahiran sesuai dengan kebutuhan khusus janin.

NIPT bisa cek apa saja? 

Tes NIPT dapat mendeteksi risiko kelainan genetik bawaan pada janin, termasuk: 

  • Down Syndrome, yaitu kelainan kromosom yang menyebabkan penderitanya memiliki karakteristik fisik khas, seperti mata sipit, telinga ke bawah, dan lidah menjulur. 
  • Edwards Syndrome, yaitu kelainan kromosom yang menyebabkan penderitanya memiliki kelainan fisik dan mental yang berat. 
  • Patau Syndrome, yaitu kelainan kromosom yang menyebabkan penderitanya memiliki kelainan fisik dan mental yang berat. 
  • Aneuploidi kromosom X, yaitu kelainan kromosom yang menyebabkan penderitanya mengalami kelainan fisik dan mental. 
  • Aneuploidi kromosom Y, yaitu kelainan kromosom yang menyebabkan penderitanya mengalami kelainan fisik dan mental. 

Apakah Down Syndrome bisa terdeteksi lewat USG? 

Down Syndrome dapat terdeteksi lewat USG, tetapi hanya pada usia kehamilan yang lebih lanjut, yaitu sekitar 18-20 minggu. Pada usia kehamilan tersebut, dokter dapat melihat adanya ciri-ciri fisik khas Down Syndrome pada janin, seperti mata sipit, telinga ke bawah, dan lidah menjulur. 

Namun, USG tidak dapat mendeteksi Down Syndrome dengan akurasi yang tinggi. Oleh karena itu, tes NIPT dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk mendeteksi risiko Down Syndrome dan kelainan genetik bawaan lainnya pada janin. 

NIPT dapat dilakukan pada usia kehamilan berapa minggu? 

Tes NIPT dapat dilakukan mulai dari usia kehamilan 10 minggu. Namun, hasil tes NIPT yang paling akurat adalah pada usia kehamilan 14-20 minggu. 

Contoh hasil NIPT 

Berikut adalah contoh hasil tes NIPT: 

  • Hasil negatif, yaitu menunjukkan bahwa janin tidak memiliki risiko tinggi untuk mengalami kelainan genetik bawaan. 
  • Hasil positif, yaitu menunjukkan bahwa janin memiliki risiko tinggi untuk mengalami kelainan genetik bawaan. 

Cara membaca hasil NIPT 

Hasil tes NIPT akan ditafsirkan oleh dokter berdasarkan usia kehamilan ibu, hasil USG, dan faktor risiko lainnya. 

Jika hasil tes NIPT negatif, maka ibu hamil tidak perlu melakukan tes skrining prenatal lainnya. Namun, jika hasil tes NIPT positif, maka ibu hamil perlu melakukan tes skrining prenatal lainnya, seperti amniosentesis atau CVS untuk memastikan diagnosis. 

Asuransi tes NIPT 

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia memberikan manfaat untuk tes NIPT. Namun, manfaat yang diberikan bervariasi, tergantung pada jenis asuransi dan polis yang dimiliki. 

Untuk mengetahui apakah asuransi kesehatan Anda memberikan manfaat untuk tes NIPT, Anda dapat menghubungi perusahaan asuransi Anda. 

NIPT by NIFTY di Bumame Health 

Bumame Health adalah salah satu provider kesehatan inovatif yang menyediakan tes NIPT. Tes NIPT by NIFTY di Bumame Health menggunakan teknologi terbaru yang mampu mendeteksi risiko kelainan genetik bawaan pada janin dengan akurasi hingga 99%. Saat ini Bumame Health menjadi provider No.1 di Indonesia untuk layanan NIPT by NIFTY dan meyediakan beragam pilihan paket NIPT by NIFTY yang bisa disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Tidak hanya itu, layanan NIPT di Bumame pun sudah dilindungi asuransi hingga 800 juta rupiah.  

Untuk melakukan tes NIPT by NIFTY di Bumame Health, Anda dapat mengunjungi website www.bumame.com untuk informasi lebih lanjut. 

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: