3 Jenis Down Syndrome yang Perlu Kamu Ketahui!

12 Jan 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Jenis-jenis Down Syndrome

Sebelumnya, Bumame sudah membahas mengenai penyebab dan ciri-ciri Down Syndrome. Sekarang, yuk sama-sama kita cari tahu jenis-jenis Down Syndrome. Sebenarnya ada berapa jenis Down Syndrome? Dan apa perbedaan dari masing-masing tipe Down Syndrome?

3 Jenis Down Syndrome

Yuk cari tahu 3 tipe Down Syndrome dengan lebih detail di bawah ini!

Trisomi 21

Trisomi 21 merupakan jenis Down Syndrome yang paling umum. Pada umumnya manusia memiliki 46 kromosom, namun seseorang yang mengalami Down Syndrome memiliki sebanyak 47 kromosom (adanya salinan pada kromosom 21) sehingga membuat jumlah kromosom lebih dari jumlah normalnya. Jenis Down Syndrome ini paling banyak ditemui dengan persentase kasus mencapai 95%.

Translokasi

Translokasi merupakan jenis Down Syndrome ketika kromosom 21 melekat pada kromosom lain, umumnya kromosom 14. Kasus Down Syndrome translokasi menyumbang persentase sebesar 4% dari seluruh kasus Down Syndrome.

Mosaik

Down Syndrome mosaik adalah penyebab Down syndrome yang terjadi saat seseorang hanya memiliki beberapa sel dengan salinan tambahan dari kromosom 21. Down Syndrome mosaik adalah tipe yang paling langka. Menyumbang 1-2% dari seluruh kasus Down Syndrome. Umumnya, seseorang dengan Down Syndrome mosaik memiliki ciri-ciri yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan Down Syndrome Trisomi 21 dan Translokasi.

Nah, itu dia penjelasan dari 3 jenis Down Syndrome yang ada. Sekarang ibu bisa mengetahui kondisi buah hati sejak dalam kandungan mulai dari minggu ke-10 dengan melakukan tes NIPT by NIFTY yang bisa mendeteksi Down Syndrome dan 90+ kelainan genetik lainnya dan >99% akurat dan aman. Yuk share informasi ini ke orang-orang terdekat kamu yaa!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: