Apa Itu Toksoplasmosis? Berbahayakah bagi Calon Ibu?

29 Sep 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Toksoplasmosis

Kamu tau gak, toksoplasmosis atau yang lebih dikenal dengan toksopla merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit Tokspolasma gondii.

Penyebab Toksoplasmosis

Nah umumnya, penyakit toksoplasmosis dapat disebarkan melalui beberapa hal, yuk cari tahu penyebabnya di bawah ini!

Makanan

Tidak hanya kontak langsung dengan hewan peliharaan, toksoplasma dapat menginfeksi manusia melalui makanan juga loh. Biasanya jika kamu sering mengonsumsi daging yang kurang matang atau terkontaminasi parasit (biasanya babi, rusa, atau kambing).

Infeksi hewan-manusia

Infeksi antara hewan dan manusia kemungkinan besar terjadi melalui kucing, karena kucing dapat terinfeksi tokspolasma jika memangsa hewan-hewan kecil lain yang sudah terinfeksi sebelumnya. Usai terinfeksi, feses kucing memiliki kandungan toksoplasma yang dapat mengontaminasi lingkungan sekitar. Hal ini berbahaya untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan di rumah agar lebih waspada dengan virus ini ya!

Infeksi ibu-anak

Untuk yang satu ini, bagi kamu yang sedang menjalani program hamil wajib waspada. Jika kamu terinfeksi tokspolasma selama masa kehamilan, infeksi ini dapat menular ke janin dalam kandungan. Ibu hamil bisa saja tidak menunjukkan gejala, namun justru infeksi ini bisa terjadi pada janin yang sedang dikandung. Sebaiknya, lakukan tes sebelum memulai program hamil ya.

Transplantasi Organ

Meski hal ini jarang terjadi, infeksi toksoplasma juga dapat ditularkan melalui transplantasi organ dari pendonor yang positif terinfeksi toksoplasma.

Nah sementara itu, apa aja sih gejala-gejala jika terinfeksi toksoplasmosis?

Umumnya, gejala yang terjadi seperti flu, yaitu demam, nyeri otot, kelelahan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Lain halnya dengan ibu hamil atau bayi yang baru lahir. Adapun gejala yang dapat dialami oleh ibu hamil atau bayi baru lahir, yaitu kejang, pembesaran organ hati atau limpa, penyakit kuning pada bayi, ruam kulit, hingga kondisi mikrosefalus (kepala yang tampak lebih kecil).

Nah buat kamu calon bumil atau yang sedang menjalani program hamil, yuk segera lakukan tes TORC di Bumame. Kamu gak perlu ribet karena tes ini bisa dilakukan dari rumah lho. Konsultasi sekarang dengan klik berikut.

Jangan lupa share informasi tentang toksoplasmosis ini ke temen-temen terdekat kamu, terutama teman yang pelihara anabul supaya lebih waspada lagi dengan virus ini yaa!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: