Apa Perbedaan Tumor dan Kanker? Cari Tahu di Sini!

12 May 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Beda Tumor dan Kanker

Sebagian orang masih belum mengetahui perbedaan tumor dan kanker, dengan menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama. Nah melalui artikel ini, mari kita pahami pengertian terkait tumor dan kanker. Mari ketahui bersama apa itu tumor, apa itu kanker, dan apa perbedaan tumor dan kanker.

Baca Juga: Memahami Penanda Tumor (Tumor Marker) dan Prosedur Pemeriksaannya

Apa itu tumor? 

Tumor adalah pertumbuhan abnormal pada suatu jaringan. Bentuknya bisa berupa benjolan, lesi, atau neoplasma. Sementara kanker adalah sekelompok penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan penyebaran sel abnormal yang tidak terkendali.  

Tumor memang bisa bersifat kanker, namun tidak semua tumor bersifat kanker. 

Tumor dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak tidak bersifat kanker dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sementara tumor ganas, bersifat kanker dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kemudian ada istilah tumor prakanker. Tumor prakanker adalah pertumbuhan abnormal pada tubuh yang berpotensi berkembang menjadi kanker. Tumor ini dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh, seperti kulit, leher rahim, paru-paru, dan organ lainnya. Penting untuk mengidentifikasi tumor prakanker sejak dini agar dapat diobati sebelum terlambat dan berkembang menjadi tumor ganas (kanker). 

Apa itu kanker? 

Tumor ganas atau kanker adalah sekelompok penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh manapun dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kanker terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tumbuh dengan tidak normal dan membelah diri secara tidak terkendali, sehingga membentuk tumor dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Beberapa jenis kanker yang umum, termasuk kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker darah. Setiap jenis kanker memiliki gejala yang berbeda satu sama lainnya.

Skrining dini merupakan kunci keberhasilan penanganan kanker, sehingga sangat disarankan untuk orang melakukan skrining kanker dari sekarang, untuk mencegah terjadinya kanker dengan kondisi yang lebih parah dan membahayakan. 

Perbedaan tumor dengan kanker

Simak 4 poin penting terkait perbedaan tumor jinak dengan tumor ganas (kanker): 

  • Tumor jinak umumnya tidak berbahaya dan memiliki sifat pertumbuhan yang cenderung lambat, sedangkan tumor ganas atau dikenal sebagai kanker, dapat tumbuh dengan cepat dan langsung menyebar ke seluruh tubuh.
  • Tumor jinak mungkin tidak menimbulkan gejala apapun dan baru terdeteksi setelah melalui rontgen dada. Sebaliknya, tumor ganas dapat menyebabkan gejala yang parah, seperti nyeri, kelelahan, atau penurunan berat badan dalam kurun waktu yang singkat. 
  • Tumor jinak dapat diangkat melalui pembedahan jika seseorang merasakan gejala yang membuatnya tidak nyaman, tetapi tumor ganas harus diobati dengan kemoterapi atau terapi radiasi untuk mencegah penyebarannya.
  • Tumor jinak umumnya terlokalisasi atau dapat diangkat dengan operasi dan biasanya tidak muncul kembali. Sementara kanker memiliki kemungkinan kambuh yang justru lebih berbahaya dari kondisi sebelumnya.

Baca Juga: Kanker Paru-paru: Penyebab, Gejala, Ciri-ciri, dan Pengobatan

Gejala umum tumor dan kanker 

Umumnya, tumor ditandai dengan adanya benjolan. Namun, benjolan ini bisa saja tidak terlihat dari luar sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Selain benjolan, beberapa gejala lain yang muncul karena tumor adalah: 

  • Keluarnya darah dalam urine 
  • Nyeri pada perut bagian kanan 
  • Jantung berdebar, lemas, dan sering berkeringat 
  • Pembengkakan 
  • Sesak napas dan nyeri dada 
  • Benjolan pada payudara 
  • Kemerahan di kulit 
  • Sakit perut dan perubahan frekuensi BAB 

Namun pada kanker, gejalanya yang umum meliputi: 

  • Demam
  • Lemas
  • Hilang nafsu makan 
  • Sulit menelan
  • Batuk berdarah
  • Perubahan warna kulit
  • Berat badan turun secara tiba-tiba 
  • Perdarahan dan memar secara tiba-tiba dan tidak diketahui alasannya 

Jangan melakukan deteksi mandiri karena gejala tumor dan kanker mirip dengan sakit pada umumnya

Karena gejala tumor dan kanker mirip dengan gejala sakit pada umumnya, kamu tidak dianjurkan untuk asal mendiagnosis. Segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis atau tenaga kesehatan profesional terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan yang tepat dan akurat.  

Baca Juga: Kanker Lambung: Mulai dari Gejala hingga Cara Diagnosisnya

Skrining dini risiko kanker paru-paru dan lambung 

Penyakit kanker seringkali baru terdiagnosis setelah memasuki stadium lanjut. Hal ini mengakibatkan harapan hidup seseorang menjadi sangat rendah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan skrining dini risiko kanker agar harapan hidup serta kualitas hidup semakin meningkat.

Lakukan skrining LUNGClear™ untuk skrining risiko dini kanker paru-paru dan skrining GASTROClear™ untuk skrining dini risiko kanker lambung. Skrining ini aman karena tidak melalui proses pembedahan, prosedurnya sama seperti tes pengambilan darah pada umumnya. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait LUNGClear™ dan GASTROClear™, silakan hubungi customer care Bumame. 

Cari tahu kondisi kesehatan paru-paru dan lambung kamu

Kamu penasaran dengan kondisi kesehatan paru-paru dan lambung saat ini? Saatnya cari tahu kondisi kesehatan paru-paru kamu dengan isi kuis LUNGClear™ di sini dan cari tahu kondisi kesehatan lambung kamu dengan isi kuis GASTROClear™ di sini.

Dengan mengisi kuis tersebut, kamu jadi dapat mengetahui langkah-langkah preventif apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mencegah masalah kesehatan paru-paru dan kesehatan lambung.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: