Apa Saja Manfaat Olahraga Lari Pagi untuk Kesehatan?

04 Apr 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Olahraga Lari Pagi

Siapa di sini yang belum menjadikan olahraga lari pagi sebagai bagian dari rutinitas? Sebaiknya, kamu menjadikan olahraga lari sebagai bagian dari rutinitas karena banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Yuk cari tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan bersama Bumame di sini! 

Olahraga lari pagi 

Olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga atletik yang paling populer dan digemari oleh banyak orang. Olahraga lari menjadi sangat populer karena sifatnya yang sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. 

Jenis olahraga ini hanya menggerakan kaki dan tangan, kemudian melangkah secara repetitif atau berulang dengan irama yang konstan. 

Baca Juga: Tes Kesehatan Pelari dan Pesepeda untuk Optimalkan Gaya Hidup Sehat

Manfaat lari pagi 

  1. Menurunkan berat badan 

Manfaat olahraga lari pagi yang pertama adalah dapat bantu menurunkan berat badan. Jumlah kalori yang bisa dibakar saat berlari sangat bervariasi dilihat dari ukuran tubuh, kecepatan saat berlari, hingga waktu lamanya berlari. Namun secara rata-rata, berlari selama 30 menit bisa membakar hingga 670 kalori. Bayangkan jika olahraga lari dibarengi dengan diet sehat, tentunya akan memberikan hasil yang lebih optimal saat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan.

  1. Menjaga stamina dan meningkatkan konsentrasi 

Lari pagi juga bisa menjaga stamina dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena peredaran atau sirkulasi darah pada saat kamu berlari bisa membantu oksigen menyebar ke seluruh jaringan dalam tubuh kita, termasuk jaringan di otak. Pasokan oksigen yang menyebar secara merata ini tentu saja membantu meningkatkan konsentrasi sehingga aktivitas harian menjadi lebih lancar. 

  1. Membuat tidur lebih nyenyak 

Manfaat lainnya dari olahraga lari adalah dapat membantu kamu yang memiliki masalah sulit tidur atau insomnia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins Medicine, lari pagi dapat membantu kamu lebih cepat mengantuk dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.  

  1. Memperkuat tulang 

Paparan matahari yang kamu dapat saat lari pagi bisa merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Sebagai informasi, vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama kekuatan tulang. Menjalani olahraga pagi yang rutin sejak dini bisa menghindari osteoporosis di masa yang akan datang. 

  1. Menjaga kesehatan jantung 

Saat kamu melakukan olahraga lari, jantung dan pembuluh darah memompa oksigen bersama darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan di saat yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Menjaga kolesterol tetap pada batas normal artinya melindungi jantung dari kerusakan.

Baca Juga: Waspada Kondisi Hiponatremia bagi yang Gemar Olahraga

Efek samping lari pagi 

Meski lari pagi membawa segudang manfaat bagi kesehatan, jika kamu lakukan secara berlebihan dan tidak tepat bisa membawa risiko dan bahaya bagi tubuh, seperti cedera pada otot, tulang, dan sendi. Selain itu, jika kamu tidak mengimbangi lari dengan mengonsumsi air yang cukup, kamu bisa mengalami dehidrasi, dari yang ringan hingga berat. 

Tes kesehatan untuk kamu yang gemar olahraga lari

Tes kesehatan atau Medical Check Up untuk kamu yang gemar olahraga lari tersedia di Bumame.  Bisa dilakukan dari rumah dengan layanan Home Care dan gratis biaya transportasi serta konsultasi dokter dan pembacaan hasil Medical Check Up untuk penanganan yang lebih tepat dan cepat. Medical Check Up Bumame tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi customer care Bumame.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: