Berencana untuk Hamil? Tes Kesehatan Ini Perlu Kamu Lakukan

26 Sep 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Kehamilan

Kamu dan pasangan berencana menjalankan program hamil? Nah buat kamu calon bumil, tau gak sih kalo ada beberapa tes-tes kesehatan yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi kamu sekaligus calon bayi? Yuk cari tau apa aja tesnya bareng Bumame!

TORC

TORC adalah tes paling umum yang sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Lewat tes ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu terpapar virus toxoplasma, rubella, dan cytomegalovirus. Lewat tes ini juga kamu bisa mengetahui kemungkinan kelainan bawaan atau adanya risiko keguguran yang bisa disebabkan oleh virus-virus tersebut.

Tiroid

Calon bumil wajib mewaspadai hipotiroidisme dan hipertiroidisme, kondisi saat tubuh kamu kekurangan dan kelebihan hormon tiroid. Hal ini dapat membahayakan calon bayi. Sementara itu hormon tiroid yang normal diketahui sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Gula Darah / Diabetes

Menurut American Pregnancy Association (APA), cek gula darah sebelum dan saat hamil diperlukan untuk mengetahui apakah seseorang tersebut mengalami diabetes gestasional atau tidak. Studi dan penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) juga menyebut wanita hamil yang memilki diabetes gestasional dapat menyumbang kadar gula lebih tinggi kepada sang calon bayi.

Tes Urin

Pemeriksaan urin diperlukan untuk mengetahui adanya infeksi saluran kemih atau penyakit yang berkaitan dengan ginjal. Hal ini penting dilakukan karena penyakit infeksi saluran kemih menyumbang risiko yang tinggi terhadap kesehatan janin.

HIV

Wanita yang mengidap HIV terkadang tidak mengetahui bahwa dirinya terinfeksi, hal ini disebabkan karena gejala HIV yang tidak dirasakan oleh orang tersebut. Maka dari itu, sangat penting mengetahui apakah calon ibu hamil memiliki risiko terpapar HIV atau tidak untuk mendapatkan pertolongan sedini mungkin, baik terhadap kesehatan sendiri maupun terhadap kesehatan calon bayi.

Nah buat calon bumil, yuk lakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin untuk memastikan program kehamilan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Kamu bisa lho konsultasi dan cek kesehatan di rumah aja dengan layanan Medical Checkup Bumame. Share informasi ini ke temen-temen kamu sesama calon bumil yaaa!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: