Cara Mengatasi Gatal pada Kulit yang Mengganggu!

02 Sep 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Mengatasi Gatal

Rasa gatal pada kulit memang cukup mengganggu, terlebih saat kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, penyebab gatal ini cukup beragam. Mulai dari kulit kering, eksim, psoriasis, bekas luka, gigitan nyamuk, hingga kurangnya menjaga kebersihan diri.

Nah, gimana ya caranya untuk mengatasi gatal-gatal? Yuk simak beberapa tips dari Bumame yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gatal pada kulit.

Kompres air dingin

Kamu bisa coba mengatasi rasa gatal dengan kompres air dingin di area yang sering terasa gatal. Coba letakkan kompres selama 10 hingga 20 menit. Kompres air dingin ini dapat memberikan rangsangan yang baik bagi saraf untuk menghindari kamu dari rasa gatal.

Mandi dengan air bersuhu ruang

Mandi dengan menggunakan air bersuhu ruang dapat menjaga kelembapan. Selain mandi dengan air bersuhu ruang, kamu dapat menggabungkannya bersama sabun antiseptik karena dapat melindungi kulit dari penyebaran kuman.

Menggunakan pelembap

Setelah kamu mandi dengan air bersuhu ruang dan menggunakan sabun antiseptik, sekarang saatnya kamu mengaplikasikan pelembap ke daerah yang diserang rasa gatal. Pelembap dapat menjaga kadar air pada kulit kamu tetap seimbang. Kamu bisa pilih pelembap yang lembut dan tanpa tambahan bahan pewangi yang justru dapat memperparah rasa gatal.

Pemberian obat oral dan topikal

Selanjutnya, untuk mengatasi gatal pada kulit, kamu dapat mengonsumsi obat oral (diminum) dan obat topikal (salep atau krim). Obat-obatan ini mengandung antijamur, antibiotik, antiparasit, dan antidepresan yang dapat membantu kamu mengatasi rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi obat gatal apa yang cocok buat kamu dengan menghubungi apoteker Bumame di sini.

Yuk, mulai aware dengan kesehatan kulit biar kamu bisa terhindar dari rasa gatal. Share informasi tentang cara mengatasi gatal ke orang-orang terdekat kamu ya!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: