Ingin Tetap Produktif Selama Bulan Ramadan? Yuk Simak Tips Berikut!

07 Apr 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan berarti mengurangi aktivitas dan produktivitas. Dengan persiapan yang baik, berpuasa justru bisa menjadi momentum yang tepat untuk kita menyeimbangkan kesehatan secara fisik, spiritual, emosional, dan sosial. 

Tips di bawah ini bisa membantu kamu untuk memaksimalkan produktivitas dan keseimbangan dalam menjalankan puasa, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Konsultasi dengan Dokter

Bagi yang memiliki keluhan seperti asam lambung, diare, sakit kepala, hingga diabetes kronis, ada penanganan yang perlu dilakukan, salah satu yang paling tepat adalah melakukan konsultasi dengan dokter agar kamu mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga ibadah puasa dan aktivitas harian menjadi lebih aman dan nyaman.

2. Atur Pola Makan

Bulan puasa identik berbuka dengan beragam menu makanan dan minuman yang menggugah selera. Tidak masalah jika kamu menikmatinya dalam jumlah sewajarnya, namun ada baiknya meningkatkan kesadaran diri tentang jenis makanan apa saja yang aman bagi kondisi tubuhmu. Bagi yang rentan terhadap diabetes atau tekanan darah tinggi, sangat penting untuk merencanakan diet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Konsumsi Vitamin 

Menjaga asupan vitamin dan mineral tetap seimbang adalah salah satu cara yang baik selama menjalani ibadah puasa. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C dan zinc untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga aktivitasmu tetap optimal.

4. Sediakan Waktu untuk Olahraga

Kamu perlu membuat komitmen dengan diri sendiri dalam berolahraga, misalkan 30 menit setiap hari atau setiap dua hari sekali. Rutinitas ini tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan fisik dan spiritual selama menjalankan ibadah puasa.

5. Rencanakan Kalender Ramadan

Dalam menyambut bulan suci Ramadan, pasti kamu memiliki rencana untuk buka puasa bersama ataupun kegiatan silaturahmi lainnya. Dengan membuat kalender dan mengosongkan jadwal pada hari tertentu, hal ini akan membantu aktivitasmu selama bulan suci Ramadan jadi lebih teratur.

Yuk terapin tips di atas agar tetap produktif dan dapetin paket vitamin untuk dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa di sini.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: