Kapan Waktu Konsumsi Vitamin yang Tepat Saat Puasa?

12 Apr 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Vitamin untuk Puasa

Tubuh kita tidak bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin secara alami, maka dari itu kita perlu mengonsumsi vitamin tambahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Dalam menjalani ibadah puasa, beberapa orang kerap mengalami gejala lemas dan lelah. Gejala ini bisa terjadi karena tubuh kurang asupan nutrisi yang bisa didapatkan secara alami ataupun dari mengonsumsi vitamin. Nah, untuk mendukung puasa jadi lebih segar dan bugar, vitamin apa saja yang baik dikonsumsi dan kapan waktu konsumsi vitamin yang tepat saat puasa? 

Cari tahu selengkapnya dengan Bumame di sini!

Vitamin untuk puasa

Vitamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Untuk sebagian orang yang berpuasa, rasa lemas dan lelah kerap muncul saat menjalankan aktivitas harian. Oleh karena itu, vitamin tambahan sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh serta menghilangkan rasa kantuk dan lelah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Suntik Vitamin Immune Booster untuk Kamu!

Waktu konsumsi vitamin saat puasa 

Jika kamu menjalankan ibadah puasa, berarti kamu baru bisa mengonsumsi makanan dan vitamin setelah waktu berbuka puasa ataupun saat sahur. Menurut penelitian yang dilakukan, waktu minum vitamin berpengaruh pada vitamin apa yang dikonsumsi. Saat ini, sudahkah kamu tahu vitamin apa yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa ataupun saat sahur? 

  • Vitamin untuk buka puasa 

Sebelumnya kamu perlu tahu jika vitamin yang banyak dikonsumsi ada dua jenis, yaitu vitamin larut air dan vitamin larut lemak. Saat berbuka puasa, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin larut lemak karena vitamin tersebut bisa larut dengan bantuan lemak yang terdapat pada makanan.

Beberapa vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.  

  • Vitamin untuk sahur 

Sementara saat sahur, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin larut air. Jenis vitamin ini tidak disimpan dalam tubuh, melainkan akan dibuang lewat urine. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi vitamin larut air lebih sering lagi. Beberapa jenis vitamin larut air yang dapat kamu konsumsi saat sahur, yaitu vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, D-Biotin, asam folat, serta B12. Kamu bisa mengonsumsi vitamin 30 menit sebelum sahur atau 1-2 jam setelah makan sahur sebelum waktu imsak.

Konsultasi dokter untuk vitamin yang tepat

Minum vitamin dilakukan saat tubuh benar-benar kekurangan nutrisi. Maka dari itu, sebelum kamu mengonsumsi vitamin, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari mengonsumsi vitamin dalam dosis berlebih atau justru dosis yang kurang dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Baca Juga: Suntik Vitamin Booster: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Layanan Terdekat

Vitamin Booster di bulan puasa

Kamu bisa menikmati layanan suntik Vitamin Booster yang tersedia di Bumame. Tersedia paket Strength Booster, Immune Booster, dan Energy Booster dengan harga mulai dari 100 ribu saja. Suntik Vitamin Booster memberikan banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Tersedia layanan Home Care yang bisa diakses dari rumah. Untuk informasi dan pemesanan, silakan hubungi Bumame.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: