Kasus Campak Meningkat, Kemenkes Akui Ada 3.341 Kasus di Indonesia!

25 Jan 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Kasus Campak

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini mengonfirmasi adanya peningkatan kasus campak. Yuk cek berita lengkapnya bareng Bumame.

Ada 3.341 kasus tercatat mulai dari 2022

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, dr Siti Nadia Tarmizi, ada 3.341 kasus di sepanjang tahun 2022 yang dilaporkan di 223 kabupaten kota dari 31 provinsi.

Penyebab kasus campak mengalami peningkatan

Peningkatan kasus campak kemungkinan besar terjadi karena presentase imunisasi anak selama pandemi Covid-19 menurun. Hal ini disampaikan oleh Ketua Unit Kerja Koordinasi Penyakit Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Anggraini Alam, SpA(K).

Ia mengungkapkan jika cakupan difteri, pertusis, dan tetatus (DPT) sejak 2015 mulai menurun. Lebih menurun lagi pada saat Covid-19 melanda. Secara global pun, imunisasi menjadi turun cakupannya.

Dr. dr Anggraini juga menilai jika campak seringkali disepelekan sehingga banyak yang melewatkan imunisasi campak.

Cara mencegah campak

Penyakit campak dapat dicegah dengan beberapa cara berikut:

  1. Vaksinasi
  2. Pemberian vitamin A dosis tinggi
  3. Jaga kebersihan tangan
  4. Hindari peminjaman barang dengan orang lain

Yuk selalu waspada terhadap penyakit campak. Pastikan kamu memberikan imunisasi kepada anak-anak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jangan sepelekan penyakit ini yaa. Yuk share informasi ini ke orang-orang terdekat kamu!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: