Kemenkes Minta Apotek Hentikan Sementara Peredaran Obat Sirup

19 Oct 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Obat Sirup

Buat para orang tua, kamu wajib tahu hal berikut ini bareng Bumame!

Setelah adanya pemberitaan mengenai kasus gagal ginjal akut pada anak yang meningkat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama BPOM, Ahli Epidemiologi, IDAI, Farmakolog, dan Puslabfor Polri melakukan pemeriksaan terhadap sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien untuk memastikan penyebab pasti dan faktor risiko yang menyebabkan adanya gagal ginjal akut.

Dalam pemeriksaan tersebut, sementara ditemukan jejak senyawa yang berpotensi mengakibatkan Acute Kidney Injury (AKI). Namun, Kemenkes dengan BPOM masih terus menelusuri dan meneliti secara mendalam termasuk jika ada kemungkinan faktor risiko lainnya.

Penghentian Sementara Obat Sirup

Menanggapi adanya senyawa yang berpotensi mengakibatkan AKI, Kemenkes telah meminta seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk cair/sirup.

Pemberhentian ini bersifat sementara hingga hasil penelusuran dan penelitian yang dilakukan oleh Kemenkes dan BPOM selesai.

Alternatif Obat

Menurut Kemenkes, sebagai alternatif, obat yang diberikan dapat dalam bentuk lain, seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal), atau jenis lainnya di luar cairan atau sirup.

Nah, coba beralih dulu pada obat yang diproduksi bukan dalam bentuk cairan atau sirup ya untuk menghindari bahaya atau potensi gagal ginjal akut pada anak. Yuk cari obat-obatan, multivitamin, atau kebutuhan kesehatan harian kamu di Bumame Apotek. Dan bagi kamu para orang tua, jika ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, kamu bisa melakukan konsultasi gratis dengan dokter Bumame dengan klik link ini.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: