Komplikasi Asam Lambung yang Wajib Kamu Waspadai!

01 Sep 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Komplikasi Asam Lambung

Sering mengonsumsi makanan pedas, berminyak, minum kopi terlalu banyak merupakan ciri-ciri pola hidup tidak sehat. Jika dibiasakan, dapat memicu terjadinya komplikasi asam lambung yang bisa membahayakan kesehatan kamu.

Nah apa saja komplikasi asam lambung yang wajib kamu ketahui? Yuk cari tau bareng Bumame!

Esofagitis

Esofagitis merupakan suatu peradangan di kerongkongan yang menyebabkan seseorang sulit menelan dan terkadang terasa sakit atau perih di tenggorokan. Gejala lain yang dapat ditimbulkan adalah suara parau dan heartburn.

Ulkus Esofagus

Ulkus esofagus adalah luka yang muncul pada dinding kerongkongan. Luka ini terjadi karena adanya bakteri Helicobacter pylori. Gejala yang biasa dirasakan meliputi rasa terbakar pada dada, mual, muntah, kembung, batuk kering, hingga rasa asam pada mulut.

Baca Juga: Cari Tahu Bahaya Sering Makan Pedas!

Striktur Esofagus 

Striktur esofagus adalah penyempitan yang terjadi pada saluran kerongkongan yang menghubungkan tenggorokan dengan perut. Hal ini dapat menyebabkan makanan atau minuman tidak tersalurkan dengan baik sehingga orang yang mengalami striktur esofagus akan merasakan sakit di dada.

Kanker Esofagus 

Kanker esofagus adalah kondisi saat sel-sel ganas bertumbuh di daerah esofagus atau kerongkongan. Menurut beberapa penelitian, diduga sel-sel di dalam kerongkongan mengalami perubahan atau mutasi genetik, sehingga tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali.

Waah serem banget gak sih guys? Kalo kamu dan temen-temen deket kamu punya kebiasaan sehari-hari yang buruk kayak makan makanan pedas dan berminyak, mulai ubah dari sekarang yaa! Kalo lagi hangout bareng, bisa cobain menu-menu yang lebih ramah untuk kesehatanmu!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: