Masuk Usia 30-an? Pemeriksaan Kesehatan Ini Wajib Dilakukan!

25 Aug 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Pemeriksaan Kesehatan

Usia 30 tahun masuk dalam fase produktif, kesibukan dalam bekerja dan beraktivitas dalam membangun karir hingga membangun keluarga dan mewujudkan mimpi-mimpi menjadi kenyataan. Tapi kamu tahu gak saat memasuki usia 30 tahun, perubahan fisik juga terjadi?

Meskipun kondisi fisik setiap orang bisa berbeda-beda, namun ada sejumlah masalah kesehatan usia 30 tahun yang perlu diwaspadai, apalagi jika diperburuk dengan pola hidup makan tidak sehat, kurang gerak dan tingkat stres yang tinggi.

Maka dari itu, usia 30-an sangat krusial dalam menentukan kesehatan dari pola hidup yang sudah kamu jalani. Banyak penyakit mengincar pada usia ini, apa aja sih penyakit yang rentan bagi usia 30an?

Nah, yuk cari tahu pemeriksaan apa aja yang perlu kamu lakukan sebelum usia 30!

Tes Gula Darah

Cek kadar gula darah merupakan salah satu pemeriksaan kesehatan yang penting untuk kamu yang berusia di bawah dan memasuki usia 30 tahun. Hal ini penting untuk mengetahui gejala diabetes atau riwayat penderita diabetes di keluarga. Apalagi dengan pola makan yang tidak sehat serta konsumsi minuman yang mengandung kadar gula berlebih, karena diabetes terkadang tidak menunjukkan gejala tertentu yang terlalu mencolok, maka sangat penting untuk kamu mengetahui .

Tes Kolesterol

Pola makan harian dan gaya hidup yang semakin tak terkontrol di kalangan anak muda, membuat tes yang satu ini sangat diperlukan. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jahat akan menyebabkan kolesterol tinggi dan pada akhirnya dapat membentuk plak tebal di pembuluh darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung di usia dewasa muda.

Pemeriksaan Kesehatan Mental

Sebelum usia 30 tahun kerap menjadi fase-fase anak muda mengalami perjalanan kehidupan yang kompleks, sehingga hal ini dapat memicu penyakit mental. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health membuktikan bahwa gangguan mental seringkali terjadi pada mereka yang berada di usia 18-25 tahun. Dengan tingkat stres yang tinggi dan juga pola hidup yang tidak sehat, sangat mendukung terjadinya penyakit mental pada usia produktif.

Baca Juga: Penyakit-penyakit yang Mengincar Anak Muda

Pemeriksaan Kesehatan Gigi

Pemeriksaan gigi sebelum usia 30 tahun dinilai jadi tes kesehatan paling krusial, karena menjaga kesehatan gigi dan gusi dalam keadaan yang baik dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti jantung dan saraf. Untuk pengecekan gigi yang ideal, kamu bisa lakukan dalam kurun waktu enam bulan sekali.

Tes HIV

Usia muda berpotensi tinggi terhadap risiko penyakit menular seperti HIV/AIDS karena beragam faktor, seperti perilaku dan perkembangan emosional. Dikutip dari Singapore Children’s Society, anak muda saat ini cenderung memiliki pandangan yang liberal terhadap seks. Hal itu mengakibatkan banyak dari mereka yang melakukan hubungan seksual sebelum menikah.

Yuk, buat kamu yang belum menginjak atau baru memasuki usia 30, ada baiknya kamu lebih memerhatikan kondisi kesehatan kamu untuk masa depan yang lebih berkualitas ya. Share informasi ini ke teman-teman sekolah, kuliah, atau kerja kamu ya!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: