Mau Nonton Banyak Konser Musik di 2023? Ini yang Perlu Kamu Persiapkan

28 Feb 2023 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Konser Musik

Bagi teman-teman penikmat musik, terutama boyband dan girlband K-Pop, pasti tahu dong, kalau di awal tahun 2023 ini banyak band yang akan menggelar konser di Indonesia? Mulai dari Blackpink, NCT Dream, Treasure, dan tentunya masih banyak lagi yang akan datang ke Indonesia. Gimana nih, kira-kira persiapan teman-teman Blink, NCTZen, Teume, serta fans band-band lainnya untuk konser musik di 2023?

Nah, salah satu hal paling penting yang harus teman-teman persiapkan untuk menghadiri konser-konser tersebut adalah kesehatan. Jangan sampai teman-teman sakit sebelum atau sesudah konser, ya, agar pengalaman menonton konser tetap jadi pengalaman yang menyenangkan.

Kira-kira apa saja sih, hal yang bisa teman-teman lakukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh? Selain tentunya menjaga pola hidup sehat, teman-teman juga bisa lho meningkatkan daya tahan tubuh dengan suntik vitamin C. Apa sih itu? Dan bagaimana manfaatnya untuk tubuh? Yuk, simak pembahasan berikut!

Apa itu Vitamin C dan Apa Saja Manfaatnya untuk Tubuh?

Vitamin merupakan senyawa kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses metabolisme. Vitamin C sendiri atau biasa disebut asam askorbat adalah salah satu vitamin larut dalam air yang berperan dalam percepatan proses metabolisme serta sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga memiliki banyak peran penting dalam sistem pertahanan tubuh, di antaranya:

  1. Membantu mendukung fungsi-fungsi berbagai sel pertahanan tubuh.
  2. Membantu mendukung fungsi pertahanan epitel terhadap patogen dan berperan sebagai antioksidan di kulit yang dapat melindungi kita dari paparan stress oksidatif atau ketidakseimbangan radikal bebas.
  3. Membantu meningkatkan kerja sel-sel darah putih dalam membunuh patogen/kuman.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin C akan mengalami penurunan sistem imun dan lebih rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, vitamin C penting untuk diberikan–baik sebagai pencegahan maupun sebagai penunjang terapi berbagai jenis infeksi.

Kenapa Perlu Suntik Vitamin C?

Manusia tidak dapat membentuk vitamin C sendiri, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, manusia bisa mendapatkannya dari konsumsi buah dan sayur. Namun, berdasarkan berbagai studi yang telah dilakukan, didapatkan bahwa pada sebagian besar orang, kebutuhan vitamin C dari diet makanan saja tidak mencukupi. Hal ini disebabkan terutama oleh diet makan yang tidak seimbang serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. 

Oleh karena itu, untuk melengkapi kebutuhan vitamin C dari makanan, saat ini vitamin C sudah tersedia dalam berbagai variasi sediaan seperti suplemen oral, topikal, maupun injeksi.

Injeksi Vitamin Booster

Injeksi atau suntik vitamin C dapat dilakukan apabila seseorang membutuhkan vitamin C dengan cepat atau ketika ada kondisi tertentu yang menyebabkan suplemen oral tidak dapat dikonsumsi, misalnya terdapat gangguan penyerapan. Dosis vitamin C yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh berkisar antara 50-75 mg/hari. 

Keunggulan metode injeksi ini tentunya penyerapan vitamin menjadi lebih maksimal dan lebih cepat karena langsung masuk ke sirkulasi tubuh. 

Namun, vitamin C yang diinjeksikan ini juga akan memiliki efek samping ke berbagai organ lain, seperti lambung, hati, dan ginjal. Oleh karena itu, jika teman-teman tertarik untuk mendapatkan suntik vitamin C, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya!

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai suntik vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh teman-teman. Tentunya jangan lupa untuk tetap diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat ya, agar teman-teman bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menonton konser-konser nanti! 

Sebelum nonton konser musik, kamu bisa injeksi vitamin booster terlebih dahulu di Bumame. Tersedia layanan Home Care untuk injeksi vitamin booster yang bisa kamu akses dari rumah saja!

Ditulis oleh: Adara Kirana Putri S.Ked

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: