Memahami Kadar Gula Darah Normal dalam Tubuh

05 Dec 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
kadar gula darah normal

Kadar gula darah adalah salah satu aspek penting yang kamu perlu jaga. Sebab, kadar gula darah yang terlalu tinggi atau rendah bisa menjadi penanda awal dari gangguan penyakit yang lebih serius. Ikuti pembahasan lengkap mengenai tingkat gula darah normal di bawah ini!

Berapa Kadar Gula Darah Normal?

Tingkat gula darah bisa sangat beragam, tergantung dari usia, kebiasaan makan, pola hidup serta jenis tes gula darah yang digunakan. Berikut ini adalah tabel kadar gula darah normal berdasarkan usia:

UsiaGula Darah Normal
< 6 tahun100-200 mg/dL
6-12 tahun70-150 mg/dL
12 tahun< 100mg/dL

Sementara itu, hasil gula darah normal juga bisa berbeda tergantung metode pemeriksaannya.

Metode PemeriksaanGula Darah Normal
Tes Toleransi Glukosa OralDi bawah 140 mg/dL
Tes Gula Darah SewaktuDi bawah 200 mg/dL
Tes Gula Darah PuasaDi bawah 99 mg/dL
Tes gula darah dua jam setelah makanDi bawah 140 mg/dL
Tes hemoglobin A1c (HbA1c)Di bawah 5.7%

Apa Pengaruh Gula Darah Terlalu Tinggi Atau Rendah?

Kondisi gula darah yang baik adalah dalam kadar yang normal, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Mengapa demikian? Inilah alasannya:

1. Gula Darah Terlalu Rendah

Hipoglikemia atau darah rendah adalah kondisi ketika gula darah terlalu rendah dari batas normal. Dampak darah rendah terhadap kesehatan dapat cukup mengganggu keseharianmu. Kamu mungkin saja akan mengalami kecemasan berlebih, pusing, dan hilang keseimbangan.

Gula darah bisa berada di bawah batas normal bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, contohnya sering menunda makan atau kurang mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Khusus bagi perempuan, fase menstruasi juga bisa membuat kadar gula darah menurun.

3. Gula Darah Tinggi

Hiperglikemia adalah lawan dari darah rendah. Kondisi gula darah tinggi atau hiperglikemia disebabkan oleh pola makan yang tidak terkendali serta tingkat stress yang tinggi.

Penderita diabetes juga bisa mengalami hiperglikemia ketika melewatkan konsumsi obat. Akibat dari kadar gula yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram, sering buang air dan merasa haus, sakit kepala, dan luka yang tak kunjung sembuh.

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Karena gula darah yang terlalu rendah atau tinggi bisa mengganggu kondisi kesehatan, maka sebaiknya kamu menjalani pola hidup sehat agar gula darahmu tetap stabil. Bagaimana cara menjaga gula darah tetap normal? Ikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Perhatikan Konsumsi Makanan & Minuman

Jika kamu ingin menjaga kadar gula darah dalam tubuhmu tetap stabil, kamu perlu lebih menyeleksi apa yang kamu hendak konsumsi. Contoh makanan yang perlu kamu hindari adalah makanan dan minuman tinggi gula.

Namun, bukan berarti kamu wajib mengurangi semua konsumsi gula. Kamu tetap bisa mengkonsumsi makanan dan minuman manis namun dengan kadar yang tidak berlebihan.

2. Berhenti Merokok

Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan gula darah dengan cara mempengaruhi bagaimana tubuh merespon insulin. Risiko terjadinya komplikasi bisa meningkat apabila seseorang merokok dengan kondisi gula darah yang tinggi.

3. Kendalikan Stress

Karena stress memengaruhi gula darah, penting untuk menemukan cara untuk mengatasinya. Tubuh seseorang yang sedang mengalami stress akan mengalami penurunan kadar insulin, kemudian kadar glukagon dan epinefrin akan naik dan glukosa yang dilepaskan dari hati pun juga ikut meningkat.

Kamu dapat mengendalikan stress dengan cara berolahraga, mendengarkan musik, atau membaca buku. Hindari kebiasaan mengusir stress yang berdampak negatif pada gula darah seperti makan berlebihan atau minum alkohol.

4. Rutin Berolahraga

Menurut American Diabetes Association, olahraga secara teratur merupakan bagian penting dalam mengelola diabetes atau menangani pre-diabetes. Karena ketika ketika kamu aktif bergerak, sel-sel dalam tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga bekerja lebih efektif untuk menurunkan glukosa darah.

Kini kamu sudah paham tentang kadar gula darah dalam tubuh manusia, bukan? Bumame menyediakan fasilitas cek gula darah dengan dukungan tenaga medis yang ahli. Untuk informasi selengkapnya mengenai Medical Check Up bersama Bumame, kamu dapat menghubungi kontak layanan Bumame untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: