Waspada 5 Penyakit Umum Saat Musim Hujan!

03 Nov 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Musim Hujan

Masuk musim hujan biasanya menjadi tantangan tersendiri buat kita. Gak hanya membatasi aktivitas keseharian, musim hujan juga sering mendatangkan penyakit.

Penyakit Musim Hujan

Nah apa saja penyakit yang umum terjadi saat musim hujan dan wajib kita waspadai? Yuk cari tahu bareng Bumame!

1. Influenza atau Flu

Salah satu penyakit yang paling sering terjadi saat musim hujan adalah influenza atau flu. Virus influenza biasanya menyebar melalui batuk, bersin, atau saat menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan dapat sembuh dengan sendirinya, kamu tetap perlu mewaspadai penyakit ini. Pada beberapa kasus, influenza atau flu yang tak kunjung sembuh dapat menimbulkan komplikasi seperti pneumonia (peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi).

2. Leptospirosis

Leptospirosis juga kerap terjadi. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Kebanyakan orang lebih mengenal penyakit ini sebagai kencing tikus. Biasanya, orang terkena penyakit ini karena sering menyentuh tanah basah atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi. Tidak hanya tikus, hewan yang sering menularkan leptospirosis juga termasuk sapi, babi, anjing, reptil, dan hewan amfibi. Adapun gejala leptospirosis, antara lain demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, hingga menggigil.

3. Demam Tifoid / Tipes

Yang satu ini juga tidak kalah sering terjadi. Demam tifoid atau tipes yang diakibatkan bakteri Salmonella thyphi umumnya menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Adapun gejalanya meliputi demam, ruam merah, diare, mual dan muntah, hingga napsu makan yang menurun.

4. Demam Berdarah Dengue

Penyakit yang dikenal dengan singkatan DBD ini juga menjadi salah satu penyakut yang wajib diwaspadai. DBD disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Gejala DBD meliputi demam, bintik-bintik kemerahan, nyeri sendi, nyeri otot, hingga perdarahan. Jika tidak ditangani dengan tepat, DBD bisa menyebabnya kematian.

5. Diare

Penyakit yang satu ini sangat sering diderita di musim hujan, ditandai dengan encernya feses serta frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Beberapa bakteri penyebab diare, di antaranya rotavirus, shigella, E. coli, dan cryptosporidium.

Musim hujan seperti saat ini, yuk lebih waspada dan berhati-hati. Jaga kesehatan dengan ekstra agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas. Dapatkan obat, multivitamin, dan kebutuhan kesehatan kamu di Bumame Apotek. GRATIS ongkir se-Jadetabek lho!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: