Waspada Efek Begadang Terhadap Kulit Wajah!

09 Sep 2022 Gaya Hidup Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
Efek Buruk Begadang

Budaya begadang semakin marak di kalangan anak muda, tapi jangan lupa kalo ada efek samping yang nyata, terutama untuk kesehatan kulit. Apa saja ya? Yuk intip jawabannya di bawah ini!

Muncul Jerawat

Jika kamu sering begadang atau kurang tidur, hal tersebut dapat memicu stres berlebih atau kesehatan mental yang terganggu. Stres ini bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Jumlah hormon kortisol yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mudah terkena peradangan atau inflamasi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah munculnya jerawat.

Kulit Kusam

Selain menyebabkan jerawat, hormon kortisol yang berlebih tadi juga menyebabkan peradangan lain yang ditandai dengan kulit menjadi lebih kusam. Ini dipengaruhi oleh ketidakseimbangan produksi kolagen serta asam hialuronat (zat alami dalam tubuh yang banyak ditemukan di kulit, mata, dan persendian) yang sebenarnya berfungsi mempertahankan kecerahan kulit. Semakin sedikit zat hialuronat yang dimiliki tubuh, maka kulit akan terlihat semakin kusam.

Kulit Kering

Saat tidur, organ-organ tubuh akan mengalami relaksasi. Tidak hanya itu, tubuh juga melakukan tugasnya menjaga kadar air sehingga terhindar dari dehidrasi. Maka dari itu, jika tidur dengan cukup, tubuh mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk menjaga kelembapan alami kulit dengan sendirinya.

Kantung Mata

Kurang tidur juga menyebabkan wajah menjadi kusam dan pucat. Selain itu, pembuluh darah di bawah mata akan melebar dan menghitam sehingga bagian hitam di bawah mata akan terlihat dengan jelas. Istilah ini dikenal dengan mata panda atau kantung mata.

Mulai sekarang, yuk istirahat yang cukup dengan tidur 8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat mendatangkan banyak manfaat di kehidupan kamu. Jangan biarkan efek kurang tidur berdampak pada kulit wajah kamu yang bisa mengganggu penampilan ya. Kamu bisa mendapatkan vitamin, facial wash, atau skincare yang kamu perlukan di Bumame Apotek. Kamu juga bisa nikmatin GRATIS ongkir untuk pemesanan se-Jadetabek! Yuk share informasi ini ke orang-orang terdekat kamu.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: