Kamu Butuh Bantuan?

Pilih topik sesuai dengan yang kamu cari.

Seluruh cabang kami beroperasi setiap hari, Senin-Minggu. 

Untuk jam operasional silakan klik link ini: 
https://bumame.com/lokasi/ 

 

Cabang yang beroperasi 24 jam:

  • TB Simatupang, Jakarta Selatan
  • Cideng,Jakarta Pusat
  • Sunter, Jakarta Utara
  • Jl. Merdeka, Bandung
  • Pahlawan, Palembang
  • Embong Malang, Surabaya


Kamu dapat melakukan registrasi secara online kapanpun dan dimanapun melalui www.bumame.com. Pelayanan Covid-19 Test dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional masing-masing cabang.


Hasil Swab Test yang kami keluarkan bisa digunakan untuk penerbangan internasional karena sudah dilengkapi dengan dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Hasil kami juga dilengkapi dengan QR Code sebagai persyaratan standar internasional. Sebagai antisipasi, kami menyarankan Kamu bisa memastikan persyaratan ke masing-masing maskapai dan negara tujuan.


Bumame terdaftar di Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan kode laboratorium C.484, C.808, C880 dan terintegrasi dengan eHAC Indonesia untuk penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional hasil laboratorium kami sudah dilengkapi dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Surat hasil bisa digunakan karena laboratorium sudah terdaftar, namun kami sangat merekomendasi untuk memastikan ke maskapai dan kebijakan kedutaan besar masing-masing negara tujuan.

Klien dimohon agar dapat menyesuaikan jadwal pengambilan sampel dengan kebutuhannya masing-masing.


Ya, hasil Swab Test dari Bumame sudah terkoneksi PeduliLindungi


Jika hasil Kamu belum muncul pada aplikasi PeduliLindungi, kami sarankan Kamu langsung menghubungi Customer Service kami untuk menyampaikan kendala yang Kamu alami. Disamping itu kami sarankan Kamu untuk menyiapkan surat hasil hardcopy yang bisa Kamu minta di cabang di mana Kamu melakukan Swab Test dan tidak dipungut biaya apapun. 

Perlu Kamu ketahui, sistem PeduliLindungi sering kali mengalami kendala teknis yang menyebabkan hasil Swab Test Kamu tidak dapat diakses di dalam aplikasi tersebut. Hal ini di luar dari kendali Bumame.


Hasil tes akan dikirimkan dalam waktu max. 24 jam sejak dilakukannya proses pengambilan sampel. Apabila masih belum menerima hasil dalam waktu kurun waktu tersebut, Kamu dapat menghubungi customer service kami di https://bit.ly/CustomerServiceBumame.


Masa berlaku hasil tes bergantung dengan penggunaannya. Apabila untuk perjalanan maka tergantung dengan kebijakan daerah / negara tujuan. Apabila untuk kebutuhan pribadi, maka kami menyarankan melakukan pengetesan dalam 1 minggu. Surat hasil tes berlaku sejak tanggal dan jam pengambilan sampel dilakukan.


Kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan standar kami. Untuk layanan Swab Test tersedia pilihan hasil dalam waktu 24 jam dan kami menjamin, paling lambat Kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan waktu tersebut. Jika ada keterlambatan dalam pengiriman hasil Swab Test, kemungkinan dilakukan pengecekan ulang pada sampel Kamu dikarenakan grafik kurang spesifik (hasil inconclusive), maka dilakukan pengecekan ulang sampel untuk memastikan hasil akurat dengan maksimal sebelum sampai di tangan pasien.


Kamu akan diarahkan untuk membuat pesanan, memilih lokasi cabang, memilih jenis layanan, memilih tanggal pemeriksaan, dan memilih siapa yang akan diperiksa. Kemudian Kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran yang terdapat dua pilihan di dalamnya, yaitu “Bayar di Tempat” dan “Bayar via Credit Card atau Transfer Antar Bank”.


Saat ini Bumame Medical Checkup melayani jenis pemeriksaan darah. Bumame menawarkan 20 paket pemeriksaan darah sesuai dengan keluhan maupun kebutuhan Kamu. Silakan lihat detail pilihan paket melalui link berikut.


Proses pengambilan darah membutuhkan waktu selama 5-10 menit saja. 


Medical Checkup Bumame tersedia di 20 cabang Jadetabek, Surabaya, dan Bandung.


Medical Checkup beroperasi Senin – Jumat 08.00 s/d 16.00 WIB dan Sabtu 08.00 s/d 12.00 WIB. Minggu dan tanggal merah tutup.


Tentu, Bumame menyediakan layanan Medical Checkup Home Care


Layanan Home Care gratis biaya transportasi. Kamu hanya perlu membayar biaya Medical Checkup yang dipilih.


Sama dengan jam operasional layanan Medical Checkup Walk-in. Silakan hubungi customer service untuk melakukan reservasi layanan Home Care.


Kami menerima pembayaran menggunakan QRIS, Virtual Account BCA, Kartu Kredit, dan Kartu Debit via website booking.


Khusus tunai, Kamu dapat memilih untuk bayar di lokasi. 


Saat ini kami belum menerima asuransi dan BPJS. 


Bumame Apotek beroperasi setiap hari, Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB.


Bumame Apotek menyediakan produk-produk kesehatan mulai dari penggunaan resep dokter hingga produk non resep.


Bumame Apotek tentu saja melayani pembelian obat dengan resep yang wajib ditunjukkan kepada apoteker Bumame.


Ada 2 cara untuk menebus obat dengan resep: 

  1. Penebusan resep dengan cara Walk-in (datang langsung) 
  2. Penebusan resep dengan cara pemesanan via WhatsApp dengan detail sebagai berikut: 
    • Kamu harus memiliki resep fisik asli dari dokter 
    • Kamu wajib mengunggah foto resep asli dan sampaikan kepada apoteker Bumame 
    • Apoteker Bumame akan melakukan verifikasi resep milikmu 
    • Setelah resep disetujui, silakan lakukan pembayaran melalui virtual account yang diberikan 
    • Pesananmu akan langsung diproses 
    • Kurir akan mengirimkan pesanan ke alamat tujuan 
    • Kamu wajib menyerahkan resep fisik asli ke kurir kami sebagai bukti obatmu sudah ditebus untuk selanjutnya resepmu akan diserahkan kepada Bumame Apotek


  1. Kamu wajib memiliki resep fisik asli. Pada saat kurir mengantar pesananmu, kamu wajib menyerahkann resep fisik asli tersebut ke kurir untuk selanjutnya diserahkan ke Bumame Apotek 
  2. Pembelian obat dengan resep hanya berlaku untuk pengiriman wilayah Jadetabek 
  3. Bumame Apotek tidak melayani pembelian obat dengan resep golongan psikotropika, prekursor, hormone, pil KB, obat racikan, dan obat-obatan tertentu yang rawan diversi, serta tidak menjual narkotika pada pembelian online


Tidak dikenakan biaya tambahan 


Untuk beberapa obat yang sifatnya esensial atau obat wajib apotek, Bumame Apotek dapat melayani pembelian obat tanpa resep. Namun, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing Apoteker/Apotek, dengan mempertimbangkan layanan kefarmasian terhadap prinsip kewajaran dan risiko.


Jenis layanan pengiriman yang tersedia di Apotek Bumame: 

Reguler   

  • JNE pengiriman melayani seluruh indonesia   
  • J&T Pengiriman melayani seluruh Indonesia   

Next Day   

  • JNE pengiriman melayani seluruh indonesia   
  • J&T Pengiriman melayani seluruh Indonesia   

Same Day 

  • Bumame Apotek Delivery service batas area Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi) khusus untuk pemesanan menggunakan resep   
  • GoSend Sameday, batas pengiriman Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi)  dengan batas akhir pemesanan pukul 20:00 WIB. Pemesanan melebihi waktu yang ditentukan akan dikirim di hari berikutnya  

Instan  

  • Bumame Apotek Delivery service batas area Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi) khusus untuk pemesanan menggunakan resep   
  • GoSend Sameday, batas pengiriman Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi)  dengan batas akhir pemesanan pukul 20:00 WIB. Pemesanan melebihi waktu yang ditentukan akan dikirim di hari berikutnya 


Untuk Online dengan aplikasi Mimin bisa menggunakan : 

Bank  Transfer 

  • BNI  
  • BRI 
  • Mandiri 
  • Permata Bank 

Digital   

  • Link Aja 
  • OVO 
  • Mandiri 
  • Shopee Pay 
  • Dana 

Retail Outlets 

  • Alfamart


Onsite  

  • Debit Card 
  • Credit Card 
  • Cash 
  • Transfer BRI 
  • QR Code BCA


Non-invasif atau non-invasive secara umum adalah pemeriksaan kesehatan yang tidak memerlukan proses pembedahan atau tidak menembus ke dalam tubuh secara keseluruhan atau sebagian, baik dari bagian dalam maupun permukaan tubuh.


NIFTY tersedia di seluruh cabang Bumame yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.


NIPT (non-invasive prenatal testing) merupakan jenis tesnya, sedangkan NIFTY merupakan produk / brand yang dibuat oleh BGI. BGI merupakan perusahaan yang berfokus pada ilmu sains, riset, pegembangan, dan uji kesehatan.


Tes ini diperuntukkan bagi wanita hamil dengan usia kehamilan 10-24 minggu agar memiliki waktu yang cukup untuk melakukan tes diagnosis konfirmasi atau prosedur lebih lanjut.


Cara kerja NIFTY® adalah dengan mengambil sampel darah wanita hamil sebanyak10 mL, lalu dilanjutkan dengan mengelola informasi genetik dalam sampel tersebut dengan menerapkan metode pengurutan genom (keseluruhan infromasi genetik) dan melakukan analisis bioinformatika lanjutan dalam menentukan risiko kelainan genetik tertentu.


Trisomi 21 (down syndrome) merupakan kelainan genetik dikarenakan adanya kelebihan jumlah kromosom 21 yaitu berjumlah tiga (tri) yang pada orang normal mempunyai dua kromosom. Individu dengan kelainan ini memiliki 3 buah kromosom nomor 21 yang terjadi saat pembelahan sel abnormal saat perkembangan sel sperma dan sel telur. Kondisi ini terjadi pada setiap 1 dari 700 kelahiran. Kelainan genetik ini dapat menyebabkan penurunan intelektual (IQ), perbedaan fisik terutama pada muka, gangguan pendengaran, apnea tidur, infeksi telinga, dan cacat jantung.

Jenis Down Syndrome dibedakan atas dasar jumlah kombinasi kromosom, yaitu:

Mosaicism

Down Syndrome ketika kombinasi sel beberapa mengandung 46 kromosom biasa dan beberapa mengandung 47, jenis Down Syndrome ini hanya menyumbangkan 1% dari seluruh jenis Down Syndrome yang ada, dan memiliki lebih sedikit karakteristik Down Syndrome daripada mereka dengan jenis Down Syndrome lainnya.

Translocation

Down Syndromer ketika jumlah total kromosom dalam sel tetap 46, namun salinan kromosom 21 penuh atau parsial tambahan melekat pada kromosom lainnya. Down Syndrome jenis ini menyumbang 4% dari kasus Down Syndrome yang ada. Memiliki lebih banyak karakteristik Down Syndrome.


“Risiko Rendah” berarti sangat kecil kemungkinan calon bayi berisiko terhadap kondisi yang diuji.

“Risiko Tinggi” menunjukkan bahwa calon bayi memiliki kemungkinan besar mengalami kondisi yang diuji. Sebagai catatan, NIFTY hanya tes skrining, hasil yang berisiko tinggi harus dilanjutkan dengan tes diagnosis konfirmasi (CVS dan Amniocentesis).

“Diperlukan Pengambilan Ulang Sampel” dalam sebagian kecil kasus, ada kemungkinan sampel tidak dapat dianalisa dengan cukup lengkap dalam memberikan hasil yang akurat bagi kamu. Jika ini terjadi, diperlukan pengambilan sampel darah baru untuk dilakukan pengujian ulang. Tidak ada biaya tambahan untuk pengambilan ulang sampel.

“Tidak Terbaca” menandakan sampel kamu tidak dapat dideteksi. Kasus seperti ini sangat jarang terjadi, hanya sekitar 0,069% dari seluruh sampel yang pernah diterima.


NIFTY® memiliki keakuratan hingga 99,5% untuk mendeteksi Down Syndrome, Edwards Syndrome, dan Patau Syndrome.

Penting untuk dicatat bahwa NIFTY® adalah tes skrining, yang berarti tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk diagnosis atau pengambilan keputusan terkait program kehamilan lainnya.


Tes diagnosis adalah tes yang menguji dengan akurasi 100% dan secara definitif memberi tahu kamu apakah terdapat kelainan genetik atau tidak. Namun kelemahan tes prenatal diagnosis seperti amniosentesis adalah dapat meningkatkan risiko keguguran.

Sementara itu, tes skrining menunjukkan risiko suatu kondisi tertentu, dan meskipun hasilnya sangat akurat, namun tidak dapat dijadikan keputusan akhir.

NIFTY® sendiri adalah tes skrining dan bukan tes diagnosis meskipun memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi pada 99,5% untuk mendeteksi Down Syndrome, Edward Syndrome dan Patau Syndrome.


Hasil akan tersedia dalam 14 hari sejak sampel diterima oleh laboratorium.


Seluruh cabang kami beroperasi setiap hari, Senin-Minggu. 

Untuk jam operasional silakan klik link ini: 
https://bumame.com/lokasi/ 

 

Cabang yang beroperasi 24 jam:

  • TB Simatupang, Jakarta Selatan
  • Cideng,Jakarta Pusat
  • Sunter, Jakarta Utara
  • Jl. Merdeka, Bandung
  • Pahlawan, Palembang
  • Embong Malang, Surabaya


Kamu dapat melakukan registrasi secara online kapanpun dan dimanapun melalui www.bumame.com. Pelayanan Covid-19 Test dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional masing-masing cabang.


Hasil Swab Test yang kami keluarkan bisa digunakan untuk penerbangan internasional karena sudah dilengkapi dengan dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Hasil kami juga dilengkapi dengan QR Code sebagai persyaratan standar internasional. Sebagai antisipasi, kami menyarankan Kamu bisa memastikan persyaratan ke masing-masing maskapai dan negara tujuan.


Bumame terdaftar di Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan kode laboratorium C.484, C.808, C880 dan terintegrasi dengan eHAC Indonesia untuk penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional hasil laboratorium kami sudah dilengkapi dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Surat hasil bisa digunakan karena laboratorium sudah terdaftar, namun kami sangat merekomendasi untuk memastikan ke maskapai dan kebijakan kedutaan besar masing-masing negara tujuan.

Klien dimohon agar dapat menyesuaikan jadwal pengambilan sampel dengan kebutuhannya masing-masing.


Ya, hasil Swab Test dari Bumame sudah terkoneksi PeduliLindungi


Jika hasil Kamu belum muncul pada aplikasi PeduliLindungi, kami sarankan Kamu langsung menghubungi Customer Service kami untuk menyampaikan kendala yang Kamu alami. Disamping itu kami sarankan Kamu untuk menyiapkan surat hasil hardcopy yang bisa Kamu minta di cabang di mana Kamu melakukan Swab Test dan tidak dipungut biaya apapun. 

Perlu Kamu ketahui, sistem PeduliLindungi sering kali mengalami kendala teknis yang menyebabkan hasil Swab Test Kamu tidak dapat diakses di dalam aplikasi tersebut. Hal ini di luar dari kendali Bumame.


Hasil tes akan dikirimkan dalam waktu max. 24 jam sejak dilakukannya proses pengambilan sampel. Apabila masih belum menerima hasil dalam waktu kurun waktu tersebut, Kamu dapat menghubungi customer service kami di https://bit.ly/CustomerServiceBumame.


Masa berlaku hasil tes bergantung dengan penggunaannya. Apabila untuk perjalanan maka tergantung dengan kebijakan daerah / negara tujuan. Apabila untuk kebutuhan pribadi, maka kami menyarankan melakukan pengetesan dalam 1 minggu. Surat hasil tes berlaku sejak tanggal dan jam pengambilan sampel dilakukan.


Kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan standar kami. Untuk layanan Swab Test tersedia pilihan hasil dalam waktu 24 jam dan kami menjamin, paling lambat Kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan waktu tersebut. Jika ada keterlambatan dalam pengiriman hasil Swab Test, kemungkinan dilakukan pengecekan ulang pada sampel Kamu dikarenakan grafik kurang spesifik (hasil inconclusive), maka dilakukan pengecekan ulang sampel untuk memastikan hasil akurat dengan maksimal sebelum sampai di tangan pasien.


Kamu akan diarahkan untuk membuat pesanan, memilih lokasi cabang, memilih jenis layanan, memilih tanggal pemeriksaan, dan memilih siapa yang akan diperiksa. Kemudian Kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran yang terdapat dua pilihan di dalamnya, yaitu “Bayar di Tempat” dan “Bayar via Credit Card atau Transfer Antar Bank”.


Saat ini Bumame Medical Checkup melayani jenis pemeriksaan darah. Bumame menawarkan 20 paket pemeriksaan darah sesuai dengan keluhan maupun kebutuhan Kamu. Silakan lihat detail pilihan paket melalui link berikut.


Proses pengambilan darah membutuhkan waktu selama 5-10 menit saja. 


Medical Checkup Bumame tersedia di 20 cabang Jadetabek, Surabaya, dan Bandung.


Medical Checkup beroperasi Senin – Jumat 08.00 s/d 16.00 WIB dan Sabtu 08.00 s/d 12.00 WIB. Minggu dan tanggal merah tutup.


Tentu, Bumame menyediakan layanan Medical Checkup Home Care


Layanan Home Care gratis biaya transportasi. Kamu hanya perlu membayar biaya Medical Checkup yang dipilih.


Sama dengan jam operasional layanan Medical Checkup Walk-in. Silakan hubungi customer service untuk melakukan reservasi layanan Home Care.


Kami menerima pembayaran menggunakan QRIS, Virtual Account BCA, Kartu Kredit, dan Kartu Debit via website booking.


Khusus tunai, Kamu dapat memilih untuk bayar di lokasi. 


Saat ini kami belum menerima asuransi dan BPJS. 


Bumame Apotek beroperasi setiap hari, Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB.


Bumame Apotek menyediakan produk-produk kesehatan mulai dari penggunaan resep dokter hingga produk non resep.


Bumame Apotek tentu saja melayani pembelian obat dengan resep yang wajib ditunjukkan kepada apoteker Bumame.


Ada 2 cara untuk menebus obat dengan resep: 

  1. Penebusan resep dengan cara Walk-in (datang langsung) 
  2. Penebusan resep dengan cara pemesanan via WhatsApp dengan detail sebagai berikut: 
    • Kamu harus memiliki resep fisik asli dari dokter 
    • Kamu wajib mengunggah foto resep asli dan sampaikan kepada apoteker Bumame 
    • Apoteker Bumame akan melakukan verifikasi resep milikmu 
    • Setelah resep disetujui, silakan lakukan pembayaran melalui virtual account yang diberikan 
    • Pesananmu akan langsung diproses 
    • Kurir akan mengirimkan pesanan ke alamat tujuan 
    • Kamu wajib menyerahkan resep fisik asli ke kurir kami sebagai bukti obatmu sudah ditebus untuk selanjutnya resepmu akan diserahkan kepada Bumame Apotek


  1. Kamu wajib memiliki resep fisik asli. Pada saat kurir mengantar pesananmu, kamu wajib menyerahkann resep fisik asli tersebut ke kurir untuk selanjutnya diserahkan ke Bumame Apotek 
  2. Pembelian obat dengan resep hanya berlaku untuk pengiriman wilayah Jadetabek 
  3. Bumame Apotek tidak melayani pembelian obat dengan resep golongan psikotropika, prekursor, hormone, pil KB, obat racikan, dan obat-obatan tertentu yang rawan diversi, serta tidak menjual narkotika pada pembelian online


Tidak dikenakan biaya tambahan 


Untuk beberapa obat yang sifatnya esensial atau obat wajib apotek, Bumame Apotek dapat melayani pembelian obat tanpa resep. Namun, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing Apoteker/Apotek, dengan mempertimbangkan layanan kefarmasian terhadap prinsip kewajaran dan risiko.


Jenis layanan pengiriman yang tersedia di Apotek Bumame: 

Reguler   

  • JNE pengiriman melayani seluruh indonesia   
  • J&T Pengiriman melayani seluruh Indonesia   

Next Day   

  • JNE pengiriman melayani seluruh indonesia   
  • J&T Pengiriman melayani seluruh Indonesia   

Same Day 

  • Bumame Apotek Delivery service batas area Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi) khusus untuk pemesanan menggunakan resep   
  • GoSend Sameday, batas pengiriman Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi)  dengan batas akhir pemesanan pukul 20:00 WIB. Pemesanan melebihi waktu yang ditentukan akan dikirim di hari berikutnya  

Instan  

  • Bumame Apotek Delivery service batas area Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi) khusus untuk pemesanan menggunakan resep   
  • GoSend Sameday, batas pengiriman Jadetabek (Jakarta,Depok,Tangerang,Bekasi)  dengan batas akhir pemesanan pukul 20:00 WIB. Pemesanan melebihi waktu yang ditentukan akan dikirim di hari berikutnya 


Untuk Online dengan aplikasi Mimin bisa menggunakan : 

Bank  Transfer 

  • BNI  
  • BRI 
  • Mandiri 
  • Permata Bank 

Digital   

  • Link Aja 
  • OVO 
  • Mandiri 
  • Shopee Pay 
  • Dana 

Retail Outlets 

  • Alfamart


Onsite  

  • Debit Card 
  • Credit Card 
  • Cash 
  • Transfer BRI 
  • QR Code BCA


Non-invasif atau non-invasive secara umum adalah pemeriksaan kesehatan yang tidak memerlukan proses pembedahan atau tidak menembus ke dalam tubuh secara keseluruhan atau sebagian, baik dari bagian dalam maupun permukaan tubuh.


NIFTY tersedia di seluruh cabang Bumame yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.


NIPT (non-invasive prenatal testing) merupakan jenis tesnya, sedangkan NIFTY merupakan produk / brand yang dibuat oleh BGI. BGI merupakan perusahaan yang berfokus pada ilmu sains, riset, pegembangan, dan uji kesehatan.


Tes ini diperuntukkan bagi wanita hamil dengan usia kehamilan 10-24 minggu agar memiliki waktu yang cukup untuk melakukan tes diagnosis konfirmasi atau prosedur lebih lanjut.


Cara kerja NIFTY® adalah dengan mengambil sampel darah wanita hamil sebanyak10 mL, lalu dilanjutkan dengan mengelola informasi genetik dalam sampel tersebut dengan menerapkan metode pengurutan genom (keseluruhan infromasi genetik) dan melakukan analisis bioinformatika lanjutan dalam menentukan risiko kelainan genetik tertentu.


Trisomi 21 (down syndrome) merupakan kelainan genetik dikarenakan adanya kelebihan jumlah kromosom 21 yaitu berjumlah tiga (tri) yang pada orang normal mempunyai dua kromosom. Individu dengan kelainan ini memiliki 3 buah kromosom nomor 21 yang terjadi saat pembelahan sel abnormal saat perkembangan sel sperma dan sel telur. Kondisi ini terjadi pada setiap 1 dari 700 kelahiran. Kelainan genetik ini dapat menyebabkan penurunan intelektual (IQ), perbedaan fisik terutama pada muka, gangguan pendengaran, apnea tidur, infeksi telinga, dan cacat jantung.

Jenis Down Syndrome dibedakan atas dasar jumlah kombinasi kromosom, yaitu:

Mosaicism

Down Syndrome ketika kombinasi sel beberapa mengandung 46 kromosom biasa dan beberapa mengandung 47, jenis Down Syndrome ini hanya menyumbangkan 1% dari seluruh jenis Down Syndrome yang ada, dan memiliki lebih sedikit karakteristik Down Syndrome daripada mereka dengan jenis Down Syndrome lainnya.

Translocation

Down Syndromer ketika jumlah total kromosom dalam sel tetap 46, namun salinan kromosom 21 penuh atau parsial tambahan melekat pada kromosom lainnya. Down Syndrome jenis ini menyumbang 4% dari kasus Down Syndrome yang ada. Memiliki lebih banyak karakteristik Down Syndrome.


“Risiko Rendah” berarti sangat kecil kemungkinan calon bayi berisiko terhadap kondisi yang diuji.

“Risiko Tinggi” menunjukkan bahwa calon bayi memiliki kemungkinan besar mengalami kondisi yang diuji. Sebagai catatan, NIFTY hanya tes skrining, hasil yang berisiko tinggi harus dilanjutkan dengan tes diagnosis konfirmasi (CVS dan Amniocentesis).

“Diperlukan Pengambilan Ulang Sampel” dalam sebagian kecil kasus, ada kemungkinan sampel tidak dapat dianalisa dengan cukup lengkap dalam memberikan hasil yang akurat bagi kamu. Jika ini terjadi, diperlukan pengambilan sampel darah baru untuk dilakukan pengujian ulang. Tidak ada biaya tambahan untuk pengambilan ulang sampel.

“Tidak Terbaca” menandakan sampel kamu tidak dapat dideteksi. Kasus seperti ini sangat jarang terjadi, hanya sekitar 0,069% dari seluruh sampel yang pernah diterima.


NIFTY® memiliki keakuratan hingga 99,5% untuk mendeteksi Down Syndrome, Edwards Syndrome, dan Patau Syndrome.

Penting untuk dicatat bahwa NIFTY® adalah tes skrining, yang berarti tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk diagnosis atau pengambilan keputusan terkait program kehamilan lainnya.


Tes diagnosis adalah tes yang menguji dengan akurasi 100% dan secara definitif memberi tahu kamu apakah terdapat kelainan genetik atau tidak. Namun kelemahan tes prenatal diagnosis seperti amniosentesis adalah dapat meningkatkan risiko keguguran.

Sementara itu, tes skrining menunjukkan risiko suatu kondisi tertentu, dan meskipun hasilnya sangat akurat, namun tidak dapat dijadikan keputusan akhir.

NIFTY® sendiri adalah tes skrining dan bukan tes diagnosis meskipun memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi pada 99,5% untuk mendeteksi Down Syndrome, Edward Syndrome dan Patau Syndrome.


Hasil akan tersedia dalam 14 hari sejak sampel diterima oleh laboratorium.