Moms Waspada! Penyakit Genetik Ini Bisa Dialami Bayi Baru Lahir!

05 Oct 2022 Tips Kesehatan Ditinjau oleh: Bumame Farmasi
Bagikan:
3 Penyakit Genetik

Moms tau nggak, ada beberapa penyakit genetik atau bawaan yang tidak dapat dihindari. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan bayi terganggu.

Penyakit Genetik pada Bayi Baru Lahir

Nah apa aja ya penyakit genetik tersebut? Bumame mau bagi-bagi infonya sama kamu nih!

Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik merupakan kondisi keturunan yang menyebabkan sistem pernapasan dan pencernaan bayi tersumbat oleh lendir yang lengket dan tebal. Jika lendir menumpuk, lajur udara menjadi terhalang dan dapat menjadi infeksi paru-paru. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan seperti pemberian antibiotik dan pemberian obat-obatan untuk melebarkan jalur napas (bronkodilator).

Penyakit Sel Sabit

Sel sabit merupakan penyakit genetik kedua yang dapat dialami oleh bayi yang baru lahir. Penyakit ini terjadi karena kondisi sel-sel darah merah kaku dan mudah menempel pada pembuluh darah kecil. Gejalanya ditandai dengan kulit dan bagian putih mata bayi berubah warna menjadi kuning, demam tinggi hingga 38 derajat Celsius, pembengkakan perut, hingga nyeri pada dada, tulang, dan sendi. Dalam situasi yang lebih parah, bayi dapat mengalami kelumpuhan setengah badan.

Cacat Jantung Bawaan

Cacat jantung bawaan merupakan jenis cacat lahir yang paling umum terjadi. Penyakit bawaan ini terjadi karena adanya kelainan pada struktur dan fungsi jantung bayi yang disebabkan adanya ketidaknormalan saat pertumbuhan janin. Gejala cacat jantung bawaan yang paling umum adalah warna kebiruan atau kehitaman pada bibir, kulit, atau jari-jari, berat badan rendah, pertumbuhan terhambat, hingga pembengkakan di perut atau area sekitar mata.

Itu dia beberapa penyakit genetik atau bawaan yang bisa mengganggu kesehatan buah hati saat lahir. Yuk share informasi ini ke orang-orang terdekat kamu juga ya. Jangan lupa untuk selalu melakukan jika kamu berencana melakukan program hamil agar kamu bisa melakukan langkah-langkah yang tepat demi kebaikan kamu dan calon buah hati yaa!

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu: